PRIMBON RAMALAN JODOH



DAFTAR SAHABAT YG MASUK The truth seeker
Tidak harus menjadi yang pertama,yang penting itu menjadi orang yang melakukan sesuatu dengan sepenuh hati.
HTML Counter

Sejak : 17 Agustus 2011

ISI DI BLOG INI HANYA GAMBARAN-GAMBARAN HIDUP YANG HAKIKI
Dan Merupakan Album yang berisi catatan yang saya tulis dalam perjalanan waktu.
Catatan yang terinspirasi dari apa yang saya lihat, saya baca, saya dengar, dan saya rasakan
MAAF JIKA GAMBAR GAMBAR yang kami Ambil Dirasa FULGAR dan UNCENCORED
Disclaimer: Artikel, gambar ataupun video yang ada di blog ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain,
dan Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber lain tersebut. Jika kami salah dalam menentukan sumber yang pertama, mohon beritahu kami

e-mail primbondonit@gmail.com HOTLINE SMS 0271 9530328
GAMBAR-GAMBAR dibawah ini BUKAN HANYA IKLAN tapi merupakan LINK SUMBER


Bagi sebagian masyarakat yang mengklaim diri sebagai masyarakat peradaban modern, westernism bahkan sebagian yang mengesankan perilaku agamis yakni hanya bermain-main sebatas pada simbol-simbol agama saja tanpa mengerti hakekatnya, dan kesadarannya masih sangat terkotak oleh dogma agama-agama tertentu. Manakala mendengar istilah mistik, akan timbul konotasi negatif. Walau bermakna sama, namun perbedaan bahasa dan istilah yang digunakan, terkadang membuat orang dengan mudah terjerumus ke dalam pola pikir yang sempit dan hipokrit. Itulah piciknya manusia yang tanpa sadar masih dipelihara hingga akhir hayat. Selama puluhan tahun, kata-kata mistik mengalami intimidasi dari berbagai kalangan terutama kaum modernism, westernisme dan agamisme. Mistik dikonotasikan sebagai pemahaman yang sempit, irasional, dan primitive. Bahkan kaum mistisisme mendapat pencitraan secara negative dari kalangan kaum modern sebagai paham yang kuno, Pandangan itu salah besar. Tentu saja penilaian itu mengabaikan kaidah ilmiah. Penilaian bersifat tendensius lebih mengutamakan kepentingan kelompoknya sendiri, kepentingan rezim, dan kepentingan egoisme (keakuan). Penilaian juga rentan terkonaminasi oleh pola-pola pikir primordialisme dan fanatisme golongan, diikuti oleh pihak-pihak tertentu hanya berdasarkan sikap ikut-ikutan, dengan tanpa mau memahami arti dan makna istilah yang sesungguhnya. Apalagi dalam roda perputaran zaman sekarang, di mana orang salah akan berlagak selalu benar. Orang bodoh menuduh orang lain yang bodoh. Emas dianggap Loyang. Besi dikira emas. Yang asli dianggap palsu, yang palsu dibilang asli. Semua serba salah kaprah, dan hidup penuh dengan kepalsuan-kepalsuan. Untuk itulah Warisjati merangkum beragam artikel dari beberapa sumber tentang pengetahuan Budaya dan tradisi di Nusantara yang merupakan warisan para leluhur yang sarat akan makna dan berbagai artikel lainnya yang saling melengkapi. Dengan harapan membangun sikap arif dan bijaksana dan mengambil pelajaran serta pengetahuan dari budaya masa lalu sebagai warisan leluhur di Nusantara ini.

ORANG YANG DENGAN MUDAHNYA MENGATAKAN SESAT KEPADA SESEORANG
ADALAH ORANG YANG TIDAK atau BELUM PAHAM AKAN DIRINYA SENDIRI

Cari Disini Artikel Yang ANDA INGINKAN INSYA ALLAH ada di BLOG INI

Rabu, 11 April 2012

Anatomi Lidah Manusia


Anatomi Lidah Manusia
 
Lidah merupakan salah satu anggota pancaindra yang dimiliki oleh manusia. Lidah berada di dalam mulut manusia, dan bertetangga dengan gigi dan gusi. Lidah hanyalah segumpal otot lentur yang melintang dan panjang sehingga dapat digerakkan atau dijulurkan. Normalnya, lidah memiliki ukuran 5-6 cm saja. Berikut merupakan anatomi lidah manusia.
Lidah terbagi menjadi dua bagian, yaitu akar lidah dan tubuh lidah. Akar lidah terdiri atas tonsil lidah (amandel) dan jendela buntu. Sedangkan, tubuh lidah terdiri atas celah lidah, punggung lidah, dan ujung lidah.

Akar lidah terletak pada tulang lidah, rahang bawah, dan katup jakun oleh otot-otot. Sedangkan, bagian bawah lidah dihubungkan dengan dasar mulut oleh urat di bawah lidah.

Warna lidah merah dengan bintik-bintik kecil. Bintik-bintik ini disebut papila. Bintik-bintik itu berfungsi sebagai pengecap rasa. Papila ini terbagi menjadi tiga bagian, yaitu sebagai berikut.

  1. Papila filiformis, berbentuk benang-benang halus dan terletak pada 2/3 bagian lidah.
  2. Papila fungiformis, berbentuk jamur dan terletak pada bagian sisi lidah dan ujung lidah.
  3. Papila circum valata, berbentuk bundar dan terletak di belakang lidah membentuk huruf V terbalik.

Kuncup perasa berada pada bagian atas permukaan papila menonjol dan papila yang berbentuk jamur.

Ternyata, terdapat lebih dari 10.000 tunas pengecap pada lidah manusia. Usianya hanya seminggu. Tunas itu akan mati dan segera digantikan oleh sel-sel yang baru. Sel-sel reseptor (tunas pengecap) terdapat pada tonjolan-tonjolan kecil pada permukaan lidah (papila). Sel-sel inilah yang bisa membedakan rasa manis asam, pahit, dan asin.

Cara kerja indra tunas pengecap (papila) lidah manusia adalah sebagai berikut. Rambut-rambut sensor menyembul dari sel-sel ke pori-pori sentral tunas pengecap. Pada bagian ini, rambut-rambut sensori terendam dalam zat kimia yang terlarut dalam air ludah manusia.

Zat-zat yang terlarut dalam ludah itu akan dideteksi oleh sensor ini sehingga dapat dibedakan rasa makanan itu manis, asam, asin, atau pahit. Adaptasi dari rasa makanan ini pada mulanya akan berlangsung dengan cepat, yaitu dalam hitungan 2-3 detik. Kemudian, adaptasi akan berjalan lambat.

Pada orang dewasa, terdapat sekitar 9.000 kuncup pengecap yang tersebar di permukaan atas lidah, langit-langit, bahkan kerongkongan. Setiap kuncup rasa atau kuncup pengecap terdiri atas sel reseptor atau sel penerima rasa. Setiap sel memiliki sulur rambut (mikrovili) yang terbuka pada permukaan lidah melalui pori-pori yang sangat halus pada papila.


LIDAH (Indera pengecap) 
ditinjau dari Secara Teori atau Ilmu ANATOMI  KEDOKTERAN
Oleh: dr. Rolanda

ANATOMI LIDAH

  • Lidah terletak pd dasar mulut. Bagian tepinya bersentuhan dg gigi.
  • Terdiri dr otot serat lintang. Otot intrinsik melakukan gerak halus & otot ekstrensik melakukan gerak kasar saat mengunyah & menelan
  • Lidah terbagi mjd :

Radiks lingua (pangkal lidah)
Dorsum lingua (punggung lidah)
Apeks lingua (ujung lidah)
Photobucket


Bila lidah digulung ke belakang tampak permukaan bawah yg dsbt frenulum lidah
Permukaan lidah ditutupi papil2, yaitu :
Papil sirkumvalata
Papil fungiformis
Papil filiformis

FISIOLOGI LIDAH
Indera pengecap rasa
Pengecap rasa pahit trdpt pd pangkal lidah
Pengecap rasa manis trdpt pd ujung lidah
Pengecap rasa asin trdpt pd ujung & tepi lidah
Pengecap rasa asam trdpt pd tepi lidah
Photobucket

Susunan saliva
Air 70-90%
Glikoprotein yg dihasilkan sublingual
Ptialin yg bekerja dlm suasana asam
Garam alkali
Lain2 : sel2 epitel yg trlepas, dll

Fungsi saliva
Fungsi mekanis ; mencampur ludah dg makanan shg mjd lunak &mudah ditelan
Fungsi kimia ; enzim ptialin mengubah karbohidrat mjd maltosa lalu mjd glukosa
Membasahi mukosa lidah, pipi, langit2 (palatum) yg penting saat berbicara
Melarutkan makanan kering shg dpt dirasakan
Mencegah gigi rusak dg mengubah suasana asam yg dsebabkan bakteri pembusuk


Lidah terpanjang
Pada 2001, rekor lidah terpanjang dimiliki oleh seorang warga kebangsaan Jerman bernama Annika Irmler. Annika memiliki lidah sepanjang 7cm. Konon, untuk menikmati sebuah ice cream cone, ia tidak perlu susah-susah menjentikkan jarinya sampai ke unjung cone. Ia hanya menjulurkan lidahnya yang panjang itu dan es yang ada di dasar cone pun dapat ia dijilat dengan sempurna. Berkat lidahnya ini, ia berhasil meraih penghargaan dari The Guinness Book of Records.

Pada 2006, rekor yang dipegang Annika dapat dikalahkan oleh seorang pria yang bernama Stephen Taylor. Ia memiliki lidah sepanjang 9,5 cm dari ujung sampai tengah lidah dalam keadaan mulut tertutup.


California Women Holds Record for Longest Tongue
LOS ANGELES -- A Los Angeles woman can claim the distinction of having California's longest tongue -- nearly 4 inches from tip to lip, the Guinness Book of World Records says.

But Chanel Tapper's 3.8-inch tongue fell shy of the world record, held by Stephen Taylor of the United Kingdom, whose tongue measures 3.86 inches, the Los Angeles Times reported.


Another Southern Californian, Charlotte Lee of Huntington Beach, holds the record for most rubber ducks, Guinness says. Lee owns 5,249 of them and keeps them in glass showcases in a room just for the ducks.

And most cow-related items? Nobody has more than Denise Tabangui's 2,429 of them as of March 2011. The San Jacinto woman's pursuit of bovine-related stuff began after she spotted a cow figurine in her mother's kitchen in 1990.

Today, Tabangui's vast collection includes a life-sized cow. Her neighbours gave it to her as a gift.

W.R. "Rusty" Haight of San Diego can claim the distinction of being in more car collisions than anyone else. By 2003, the Times says, he had been in 718 collisions -- as a human crash-test dummy.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

SEMANGAT PAGI....SUKSES Untuk SEMUA
JIKA ANDA PIKIR BISA PASTI BISA..!
Maaf apabila dalam pengambilan GAMBAR dirasa VULGAR
(Gambaran ini Hanyalah FAKTA sesuai dengan ASLINYA)
dan TIDAK Mutlak untuk diperdebatkan......................!!!

KALAU MAU DONATUR ( SEDEKAH )

Sedekah (Bisa Menunda Kematian)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
KLCK aja ICON dibawah untuk Baca berita
Link-link My Country Dept.(Tinggal Klick GAMBARnya AJA)