PRIMBON RAMALAN JODOH



DAFTAR SAHABAT YG MASUK The truth seeker
Tidak harus menjadi yang pertama,yang penting itu menjadi orang yang melakukan sesuatu dengan sepenuh hati.
HTML Counter

Sejak : 17 Agustus 2011

ISI DI BLOG INI HANYA GAMBARAN-GAMBARAN HIDUP YANG HAKIKI
Dan Merupakan Album yang berisi catatan yang saya tulis dalam perjalanan waktu.
Catatan yang terinspirasi dari apa yang saya lihat, saya baca, saya dengar, dan saya rasakan
MAAF JIKA GAMBAR GAMBAR yang kami Ambil Dirasa FULGAR dan UNCENCORED
Disclaimer: Artikel, gambar ataupun video yang ada di blog ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain,
dan Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber lain tersebut. Jika kami salah dalam menentukan sumber yang pertama, mohon beritahu kami

e-mail primbondonit@gmail.com HOTLINE SMS 0271 9530328
GAMBAR-GAMBAR dibawah ini BUKAN HANYA IKLAN tapi merupakan LINK SUMBER


Bagi sebagian masyarakat yang mengklaim diri sebagai masyarakat peradaban modern, westernism bahkan sebagian yang mengesankan perilaku agamis yakni hanya bermain-main sebatas pada simbol-simbol agama saja tanpa mengerti hakekatnya, dan kesadarannya masih sangat terkotak oleh dogma agama-agama tertentu. Manakala mendengar istilah mistik, akan timbul konotasi negatif. Walau bermakna sama, namun perbedaan bahasa dan istilah yang digunakan, terkadang membuat orang dengan mudah terjerumus ke dalam pola pikir yang sempit dan hipokrit. Itulah piciknya manusia yang tanpa sadar masih dipelihara hingga akhir hayat. Selama puluhan tahun, kata-kata mistik mengalami intimidasi dari berbagai kalangan terutama kaum modernism, westernisme dan agamisme. Mistik dikonotasikan sebagai pemahaman yang sempit, irasional, dan primitive. Bahkan kaum mistisisme mendapat pencitraan secara negative dari kalangan kaum modern sebagai paham yang kuno, Pandangan itu salah besar. Tentu saja penilaian itu mengabaikan kaidah ilmiah. Penilaian bersifat tendensius lebih mengutamakan kepentingan kelompoknya sendiri, kepentingan rezim, dan kepentingan egoisme (keakuan). Penilaian juga rentan terkonaminasi oleh pola-pola pikir primordialisme dan fanatisme golongan, diikuti oleh pihak-pihak tertentu hanya berdasarkan sikap ikut-ikutan, dengan tanpa mau memahami arti dan makna istilah yang sesungguhnya. Apalagi dalam roda perputaran zaman sekarang, di mana orang salah akan berlagak selalu benar. Orang bodoh menuduh orang lain yang bodoh. Emas dianggap Loyang. Besi dikira emas. Yang asli dianggap palsu, yang palsu dibilang asli. Semua serba salah kaprah, dan hidup penuh dengan kepalsuan-kepalsuan. Untuk itulah Warisjati merangkum beragam artikel dari beberapa sumber tentang pengetahuan Budaya dan tradisi di Nusantara yang merupakan warisan para leluhur yang sarat akan makna dan berbagai artikel lainnya yang saling melengkapi. Dengan harapan membangun sikap arif dan bijaksana dan mengambil pelajaran serta pengetahuan dari budaya masa lalu sebagai warisan leluhur di Nusantara ini.

ORANG YANG DENGAN MUDAHNYA MENGATAKAN SESAT KEPADA SESEORANG
ADALAH ORANG YANG TIDAK atau BELUM PAHAM AKAN DIRINYA SENDIRI

Cari Disini Artikel Yang ANDA INGINKAN INSYA ALLAH ada di BLOG INI

Rabu, 30 Januari 2013

Unsur Seni Rupa. Titik, Garis dan Warna

Unsur Seni Rupa. Titik, Garis dan Warna


  • Unsur Seni Rupa. Titik

Unsur Seni Rupa yang PALING SEDERHANA!!
Pertanyaan yang simpel dan membingungkan! Ini mengenai materi Unsur-unsur seni rupa..
Ada sebuah test Khasus Dialog antara Seorang Guru dan Murid

"Apa yang pertama kali kalian buat sebelum menggambar??!!"
Jawaban mereka macam2..

"Menyiapkan alat gambar!!"
Guru langsung menjawab "Setelah menyiapkan alat gambar!!"
"Membuat pola!!"
Guru menjawab "Sebelum membuat pola!!"
"Berpikir!!"
"Setelah berpikir.."
"Membuat desain!"
"Sebelum membuat desain!!"
dan masih banyak lagi jawaban2 yang masih belum mendekati apa yang kumaksud..
Akhirnya Guru pergi ke papan tulis dan menempelkan spidol di tanganku pada papan tersebut kemudian menariknya lagi.. dan...
"TITIK" itu berada di sana..
Murid-muridku serempak mengatakan "OALAAAAHHH!!! Kirain apa??!!"
Dan Guru hanya tersenyum melihat mereka..

Unsur seni rupa yang paling sederhana adalah Titik!! Titik juga bisa dikatakan kegiatan awal sebelum menciptakan sesuatu..
Sebuah karya yang dibuat dengan menggunakan titik-titik disebut dengan tehnik Pointilis. Tehnik pointilis dilakukan dengan cara membuat bentuk dengan titik-titik dengan ketentuan daerah yang gelap memiliki titik-titik yang semakin berdekatan dan pekat sedangkan yang terang dilakukan hukum sebaliknya..

misal pada gambar berikut..
Tehnik menggambar dengan tehnik pointillisme pertama kali diperkenalkan oleh George Seurat (1859-1891). Pada saat itu tehnik yang digunakannya adalah tehnik broken colour yang telah dirintis oleh seniman Constable dan Delacroix. Gaya ini menggunakan goresan pendek-pendek seni lukis Impresionisme.

Gaya ini berkembang pada masa Neo-Impresionisme.
Lukisan A Sunday Afternoon at the Grande Yatte (1884-1886) karya Seurat menunjukkan tema dan warna lukis Impresionisme. Lukisan ini menggambarkan orang-orang Paris yang sedang bersenang-senang di sebuah taman di pinggiran kota Paris. goresan kuas pointilis dan campuran warna secara optis berasal dari unsur Impresionisme..

Dan lukisan dengan tehnik titik atau pointillisme sudah banyak kita jumpai sekarang..
Dari kumpulan titik tersebut kita disediakan sajian yang bisa kita nikmati bentuknya..
Dan titik, walaupun sederhana, namun kita pasti membuatnya sebelum kita membuat sesuatu. Entah itu sebuah bentuk gambar ataupun sebuah huruf ketika kita menulis...

Unsur Seni Rupa setelah titik adalah Garis, Bidang, Bentuk, Tekstur, Warna dan Gelap Terang..


  • Unsur Seni Rupa. Garis

Pengertian garis sendiri adalah..
Unsur seni rupa yang tercipta dari titik-titik yang saling berdempetan.. Ujung dari sebuah garis adalah titik.. jadi ini adalah hubungan antara titik dan garis.. unsur seni rupa setelah titik yaitu garis..
ada juga yang mengatakan kalau pengertian garis adalah Batas antara 2 bidang..

Dan perbedaan dari garis positif dan garis negatif adalah..

  • Garis positif adalah sebuah garis yang etrcipta karena kita memang sengaja menggoreskannya.. 
  • Garis negatif adalah sebuah garis yang tercipta akibat dari ketidak sengajaan. dikatakan seperti itu karena garis negatif tercipta misalnya akibat dari 2 buah bidang yang berdekatan. nah celah di antara 2 bidang tersebutlah yang disebut garis negatif..

Garis terbagi menjadi garis lurus dan garis lengkung..
Komposisi garis lurus, komposisi garis lengkung, komposisi garis bebas (campur lengkung dan lurus), komposisi garis lurus dengan menggunakan lidi, komposisi garis akibat cipratan, komposisi garis akibat kibasan, komposisi garis negatif dengan tehnik hisap, komposisi garis negatif antara bidang, komposisi garis negatif dengan tehnik batik..


  • Unsur Seni Rupa. Warna


Ada beberapa pengertian mengenai warna..
Warna adalah spektrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya sempurna (warna putih). Nah, kalo pengertian warna yang ini adalah pengertian warna dalam cahaya..

Sedangkan pengertian warna dalam seni rupa, Warna bisa berarti pantulan tertentu dari cahaya yang dipengaruhi oleh pigmen yang terdapat di permukaan benda.
dan Untuk lebih mudahnya, Warna adalah pigmen dari sebuah benda..

PEMBAGIAN WARNA
Ternyata warna dibagi-bagi menjadi beberapa bagian. 

Warna primer
Merupakan warna dasar yang tidak merupakan campuran dari warna-warna lain. Warna yang termasuk dalam golongan warna primer adalah merah, biru, dan kuning.
dan Warna Primer bisa juga disebut sebagai Warna Pokok, Warna Dasar ataupun Warna Pertama

Warna sekunder
Merupakan hasil pencampuran warna-warna primer dengan proporsi 1:1. Nama lain dari Warna Sekunder adalah Warna Kedua.. :)
Misalnya warna jingga merupakan hasil campuran warna merah dengan kuning, hijau adalah campuran biru dan kuning, dan ungu adalah campuran merah dan biru.
Merah + Biru = Ungu
Kuning + Biru = Hijau
Kuning + Merah = Jingga

Warna tersier
Merupakan campuran salah satu warna primer dengan salah satu warna sekunder. Misalnya warna jingga kekuningan didapat dari pencampuran warna kuning dan jingga.

Warna netral
Warna netral merupakan hasil campuran ketiga warna dasar tetapi tidak dalam komposisi tepat sama. Warna ini sering muncul sebagai penyeimbang warna-warna kontras di alam. Biasanya hasil campuran yang tepat akan menuju hitam.

PENGELOMPOKKAN WARNA
Selain dibagi-bagi.. ternyata warna juga dikelompok-kelompokkan menjadi beberapa kelompok. Yaitu Warna Kontras atau Komplementer, Warna Panas dan Warna Dingin..

1. Warna kontras atau komplementer, adalah warna yang berkesan berlawanan satu dengan lainnya. Warna kontras bisa didapatkan dari warna yang berseberangan (memotong titik tengah segitiga) terdiri atas warna primer dan warna sekunder. Tetapi tidak menutup kemungkinan pula membentuk kontras warna dengan menolah nilai ataupun kemurnian warna.
Contoh warna kontras adalah Merah-Hijau, Kuning-Ungu dan Biru-Jingga.

2. Warna panas, adalah kelompok warna dalam rentang setengah lingkaran di dalam lingkaran warna mulai dari Merah hingga Kuning. Warna ini menjadi simbol, riang, semangat, marah dsb. Warna panas mengesankan jarak yang dekat.
3. Warna dingin, adalah kelompok warna dalam rentang setengah lingkaran di dalam lingkaran warna mulai dari Hijau hingga Ungu. Warna ini menjadi simbol kelembutan, sejuk, nyaman dsb. Warna dingin mengesankan jarak yang jauh.
Fungsi dari warna itu sangat banyak.. 
contohnya, Kamu bayangkan saja kalau di dunia ini tidak ada warna. hanya ada Hitam dan Putih. Apakah hidup ini tidak akan sangat membosankan dan kaku.. 

Oleh sebab itu warna bisa menjadi menghias ataupun bisa juga warna bisa merefleksikan perasaan hati kita. Misalnya ketika kita sedang jatuh cinta, kita bisa menggunakan warna-warna yang cerah seprti Pink atau Merah Muda.. Ketika kita sedang marah kita bisa mengungkapkannya dengan warna merah..

Ketika sebuah gambar hanya diberikan hitam putih saja terlihat tidak terlalu menarik..
Sedangkan ketika gambar tersebut diberi warna, terlihat makin indah, makin cerah dan menjadi semakin menarik perhatian...


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

SEMANGAT PAGI....SUKSES Untuk SEMUA
JIKA ANDA PIKIR BISA PASTI BISA..!
Maaf apabila dalam pengambilan GAMBAR dirasa VULGAR
(Gambaran ini Hanyalah FAKTA sesuai dengan ASLINYA)
dan TIDAK Mutlak untuk diperdebatkan......................!!!

KALAU MAU DONATUR ( SEDEKAH )

Sedekah (Bisa Menunda Kematian)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
KLCK aja ICON dibawah untuk Baca berita
Link-link My Country Dept.(Tinggal Klick GAMBARnya AJA)