PRIMBON RAMALAN JODOH



DAFTAR SAHABAT YG MASUK The truth seeker
Tidak harus menjadi yang pertama,yang penting itu menjadi orang yang melakukan sesuatu dengan sepenuh hati.
HTML Counter

Sejak : 17 Agustus 2011

ISI DI BLOG INI HANYA GAMBARAN-GAMBARAN HIDUP YANG HAKIKI
Dan Merupakan Album yang berisi catatan yang saya tulis dalam perjalanan waktu.
Catatan yang terinspirasi dari apa yang saya lihat, saya baca, saya dengar, dan saya rasakan
MAAF JIKA GAMBAR GAMBAR yang kami Ambil Dirasa FULGAR dan UNCENCORED
Disclaimer: Artikel, gambar ataupun video yang ada di blog ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain,
dan Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber lain tersebut. Jika kami salah dalam menentukan sumber yang pertama, mohon beritahu kami

e-mail primbondonit@gmail.com HOTLINE SMS 0271 9530328
GAMBAR-GAMBAR dibawah ini BUKAN HANYA IKLAN tapi merupakan LINK SUMBER


Bagi sebagian masyarakat yang mengklaim diri sebagai masyarakat peradaban modern, westernism bahkan sebagian yang mengesankan perilaku agamis yakni hanya bermain-main sebatas pada simbol-simbol agama saja tanpa mengerti hakekatnya, dan kesadarannya masih sangat terkotak oleh dogma agama-agama tertentu. Manakala mendengar istilah mistik, akan timbul konotasi negatif. Walau bermakna sama, namun perbedaan bahasa dan istilah yang digunakan, terkadang membuat orang dengan mudah terjerumus ke dalam pola pikir yang sempit dan hipokrit. Itulah piciknya manusia yang tanpa sadar masih dipelihara hingga akhir hayat. Selama puluhan tahun, kata-kata mistik mengalami intimidasi dari berbagai kalangan terutama kaum modernism, westernisme dan agamisme. Mistik dikonotasikan sebagai pemahaman yang sempit, irasional, dan primitive. Bahkan kaum mistisisme mendapat pencitraan secara negative dari kalangan kaum modern sebagai paham yang kuno, Pandangan itu salah besar. Tentu saja penilaian itu mengabaikan kaidah ilmiah. Penilaian bersifat tendensius lebih mengutamakan kepentingan kelompoknya sendiri, kepentingan rezim, dan kepentingan egoisme (keakuan). Penilaian juga rentan terkonaminasi oleh pola-pola pikir primordialisme dan fanatisme golongan, diikuti oleh pihak-pihak tertentu hanya berdasarkan sikap ikut-ikutan, dengan tanpa mau memahami arti dan makna istilah yang sesungguhnya. Apalagi dalam roda perputaran zaman sekarang, di mana orang salah akan berlagak selalu benar. Orang bodoh menuduh orang lain yang bodoh. Emas dianggap Loyang. Besi dikira emas. Yang asli dianggap palsu, yang palsu dibilang asli. Semua serba salah kaprah, dan hidup penuh dengan kepalsuan-kepalsuan. Untuk itulah Warisjati merangkum beragam artikel dari beberapa sumber tentang pengetahuan Budaya dan tradisi di Nusantara yang merupakan warisan para leluhur yang sarat akan makna dan berbagai artikel lainnya yang saling melengkapi. Dengan harapan membangun sikap arif dan bijaksana dan mengambil pelajaran serta pengetahuan dari budaya masa lalu sebagai warisan leluhur di Nusantara ini.

ORANG YANG DENGAN MUDAHNYA MENGATAKAN SESAT KEPADA SESEORANG
ADALAH ORANG YANG TIDAK atau BELUM PAHAM AKAN DIRINYA SENDIRI

Cari Disini Artikel Yang ANDA INGINKAN INSYA ALLAH ada di BLOG INI

Minggu, 16 Juni 2013

Pasar Klewer, Pusat Pasar Batik Indonesia dan Sejarah Berdirinya Pasar Klewer Yang Melegenda

SOLO

Pasar Klewer, Pusat Pasar Batik Indonesia dan Sejarah Berdirinya Pasar Klewer Yang Melegenda

Selain mempunyai sentra produsen di kampung Batik Laweyan dan Kauman, Kota Solo juga mempunyai pasar penjualan kain batik, pasar ini merupakan pusat dari pasar batik di Indonesia, pasar tersebut adalah pasar Klewer.

Pasar yang bersebelahan dengan keraton Kasunanan Surakarta ini, merupakan surga belanja bagi wisatawan yang cinta akan batik. Di pasar ini koleksi batiknya beraneka ragam, baik dari jenis maupun motifnya, harga yang ditawarkan pun bervariasi mulai dari belasan ribu hingga ratusan ribu rupiah.




Kenapa disebut Pasar Klewer?
Pasar Klewer merupakan pusat jual beli sandang terbesar yang ada di Jawa Tengah. 
Pasar klewer merupakan aset Kota Surakarta yang berdiri diatas tanah seluas 12.950 m2. Tanah tersebut merupakan tanah eks Swapraja/Pasar Slompretan yang kemudian dikuasai Pemerintah Kota Surakarta dengan status Hak Pakai No.8.

Menurut cerita, jaman penjajahan dulu Pasar klewer berfungsi sebagai tempat pemberhentian kereta. Masyarakat pun memanfaatkannya sebagai tempat untuk menjual berbagai macam produk kepada para penumpang hingga akhirnya terkenal dengan nama Pasar Slompretan. Kata slompretan berasal dari slompret (terompet) karena suara kereta yang akan berangkat mirip dengan suara terompet ditiup.

Sejarah Pasar Klewer bermula dari kegiatan yang dilakukan oleh para pedagang yang menjual dagangannya dengan cara membawa dagangannya diatas bahu, sehingga banyak dagangannya yang berjatuhan, dalam istilah jawa sering disbeut “kleweran”. 
 sehingga sampai sekarang pasar ini disebut dengan pasar klewer. 
Lambat laun pusat perdangan ini berkembang menjadi salah satu pasar sandang terbesar yang berada di area jawa tengah. Awalnya ternyata pasar klewer terletak di sebelah timur pasar legi solo, kemudian dipindah ke daerah slompretan sehingga juga dikenal dengan nama pasar slompretan. Sewaktu terletak di pasar slompretan, tempat ini menjadi pusat jual beli sandang antara tahun 1947 sampai tahun 1967. 

Sehingga mulai tahun 1968 mulilah dibangun pasar yang lebih representatif dengan rancangan arsitektur yang disesuaikan dengan kota solo.  Kemudian pada tahun 1971 presiden ke dua indonesia yaitu presiden soeharto meresmikan pasar ini sebagai pusat grosir sandang terbesar yang terletak di jawa tengah. Tidak hanya itu, kota solo yang menjadi pusat industri kerjainan batik juga menyokong pasar ini menjadi pusat kulakan batik terbesar di area jawa tengah.

Pada tahun 1970an, pasar ini dibangun menjadi sebuah bangunan permanen berlantai dua yang cukup luas. Pembeli juga akan lebih leluasa berbelanja karena pasar dengan lebih dari dua ribu unit kios ini memiliki tangga-tangga yang cukup luas sehingga tidak ada kesan berdesak-desakan.
Gapura Kraton dan Pasar Klewer (tampak Depan Pasar) di pagi hingga Sore
Suasana di Sore Hari (Depan Pasar Bersih dari Pedagang)
Gapura Kraton dan Pasar Klewer (tampak belakang Pasar)


Gerbang Pasar Klewer
Sistem yang ada di pasar ini memang masih dikelola menggunakan sistem tradisional, walaupun dikelola menggunakan sistem tradisional tetapi ternyata pasar klewer menyumbang APBD kota solo yang cukup besar, mengingat perputaran uang yang terjadi di pasar ini sekitar 7 miliar perhari, sekarang sudah melampaui sekitar 12 miliar per hari.


Keunikan Pasar Klewer

Ada satu keunikan yang menjadi salah satu ciri yang terdapat di kota solo, yaitu kraton, tempat beribadah dan pasar yang terdapat dalam satu komplek. Pasar klewer merupakan salah satu pasar di jawa tengah yang terletak dipusat kota solo. Selain menjadi pusat kulakan sandang terbesar di jawa tengah, pasar ini juga tempat tujuan wisata belanja, karena letaknya dismping barat persis kraton kasunanan surakarta hadiningrat. Sehingga para pengunjung kraton bisa langsung membeli cinderamata karton surakarta dan cinderamata kota solo dipasar klewer karena letaknya sangat berdekatan.

Pusatnya Grosir Batik dan Tekstil Murah
Menyusuri gang dan lorong-lorong yang lumayan luas, dari satu blok ke blok yang lainnya, berbagai jenis pakaian berbahan batik seakan-akan memanggil pengunjung untuk membelinya. Mulai dari jenis kebaya, kain, baju resmi, hingga kaos batik, daster, blouse cantik dan pakaian anak-anak.
Tak hanya batik asli Solo, di pasar ini juga memiliki koleksi batik Banyumas, Pekalongan, Madura, Yogyakarta, dan lain-lain. 
Suasana di dalam Pasar Klewer Solo
Suasana di dalam Pasar Klewer Solo
Anda dapat dengan mudah menemukan batik cap seharga belasan ribu maupun batik tulis kualitas terbaik dengan harga lebih murah dari pada butik-butik terkenal. Kita harus pintar dalan menawar harga yang ditawarkan penjual untuk  mendapatkan harga terbaik. Tak hanya dijual eceran, kebanyakan kios juga melayani pembelian grosir dengan harga yang jauh lebih murah.

Di lantai dua, Pengunjung  akan menemukan berbagai jenis tekstil, seperti seragam sekolah, kaos, jaket, dasi, kain bahan katun hingga sutra. Uniknya, di pasar ini juga terdapat beberapa orang penjahit yang siap menyulap kain yang baru saja Anda beli menjadi jenis pakaian yang Anda inginkan dalam waktu kurang dari sehari.
Suasana di dalam Pasar Klewer Solo
Video Tentang Sejarah Pasar Klewer Solo
Bagi anda semua yang ingin mengetahui sejarah pasar klewer, anda bisa mendengarkan video di bawah ini. Tertarik datang aja ke solo, sambil jalan-jalan di kraton solo, mampir ke pasar tradisional klewer. Nikmati pula keramahan “wong solo” yang terkenal halus tutur katanya.
Thengkleng Pasar Klewer Solo, 
Jajanan Penggugah Selera
Jika tengah pergi ke Pasar Klewer Solo, yang akan terbayang pastilah seputar beragam busana batik. Padahal tidak hanya itu saja sebenarnya. Sebab pasar tradisional legendaris itu juga menawarkan wisata kuliner yang layak pula untuk dinikmati. 
Salah satu kekayaan wisata kuliner itu adalah thengkleng Bu Ediyem. Atau yang lebih dikenal dengan Thengkleng Klewer.
Bagi masyarakat di Kota Budaya, nama tersebut memang sudah tidak asing lagi. Bahkan juga bagi masyarakat luar yang sering datang ke pasar tekstil tersebut. Begitulah memang, tempat makan itu dikenal selama ini.

Thengkleng adalah sejenis masakan dengan bahan baku tulang kambing yang masih menyisakan daging. Biasanya dijadikan lauk untuk teman menyantap nasi. Namun tak jarang pula ada yang menikmati langsung sebagai (semacam) camilan. Yang jelas, dengan nasi atau tidak, tetap saja tak mengurangi kelezatan masakan khas itu.

“Lebih dikenalnya memang tulang kambing. Namun di luar itu sebenarnya juga masih terdapat bahan lain. Misalnya otak dan jeroan. Khusus untuk tulang selain daging juga ada sungsum yang juga bisa dinikmati,” ujar Bu Ediyem.

Selain pada cita rasa, daya tarik dari masakan itu adalah pada keasyikan cara makannya. Khususnya dalam mengambil daging atau juga menghisap sungsum dari tulang. Bisa dibayangkan, bagaimana nikmatnya ketika daging dan sungsum itu juga mengandung kuah yang berasa lezat di lidah karena kekhasan bumbunya. Apalagi jika wadahnya dari daun pisang (pincuk) seperti layanan dari Bu Ediyem.
(pincuk) Thengleng  Bu Ediyem. Pasar Klewer Solo
Mudah Dijangkau
Meski lebih dikenal dengan nama Thengkleng Klewer, dalam menikmati masakan tersebut tak perlu harus berdesakan dengan kepadatan pedagang dan pembeli. Sebab lokasinya tidak berada di dalam pasar. Namun di luar tepatnya di timur gapura depan pos Satpam. Cukup mudah untuk dijangkau memang lokasinya.
Antrian Pembeli, Tengkleng Bu Edy, Pasar Klewer, Solo, Jawa Tengah, Indonesia
Antrian Pembeli, Tengkleng Bu Edy, Pasar Klewer, Solo, Jawa Tengah, Indonesia

Dalam membuka dagangan, Bu Ediyem juga sengaja tak membikin pembatas semisal dengan tenda. Sejak 1971 dia mulai berjualan, kondisi warung terbuka tetap dipertahankan. Dengan kondisi seperti itu, maka pelanggannya bisa bebas menempatkan diri. Makan sembari menikmati kawasan Klewer seluas pandangan mata. Lalu bagaimana dengan harga? Menurut Bu Ediyem hal itu sangat bergantung dengan permintaan. Dalam hitungan satu porsi, cukuplah dengan uang Rp 7.500.


Namun jika ingin memesan paket yang lebih besar, ada harga yang cukup variatif. Biasanya itu akan diukur dengan besar kecilnya kuali, tempat menampung thengkleng dari gerabah. “Untuk pesanan kami menyediakan ukuran kuali besar dan kecil. Untuk kuali yang harganya mulai dari Rp 400.000, Rp 350.000, Rp 300.000 hingga Rp 250.00, Sedangkan untuk ukuran satu porsi harganya Rp 7.500,” katanya.

Namun untuk bisa menikmati olah masakan yang menggugah selera tersebut diperlukan sedikit kesabaran. Sebab Bu Ediyem baru membuka dagangan sekitar pukul 14.00 WIB. Maka jika di waktu-waktu itu Anda merasa lelah belanja di Klewer, 
cobalah hilangkan kepenatan dengan menikmati Thengkleng Klewer.
Gapura Pasar Klewer, Solo, Jawa Tengah, Indonesia
Referensi :
http://pasarklewer.net/,
 http://isroi.com/
http://jajanku.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

SEMANGAT PAGI....SUKSES Untuk SEMUA
JIKA ANDA PIKIR BISA PASTI BISA..!
Maaf apabila dalam pengambilan GAMBAR dirasa VULGAR
(Gambaran ini Hanyalah FAKTA sesuai dengan ASLINYA)
dan TIDAK Mutlak untuk diperdebatkan......................!!!

KALAU MAU DONATUR ( SEDEKAH )

Sedekah (Bisa Menunda Kematian)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
  • KLCK aja ICON dibawah untuk Baca berita